Resolusi Terbaik..

Sekitar 2-3 minggu terakhir, dan mencapai puncaknya pada kemarin dan hari ini, mereka yang hobi mencermati timeline-nya pasti mafhum bahwa ada sebuah kata yang mendadak ngetop dan muncul di mana-mana. Kata apa? Ya, “Resolusi”.

Lantas apa sih arti dari kata “Resolusi” itu sendiri? Menurut KBBI, “Resolusi” itu adalah “Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal.”
Namun, tidak seperti yang tercantum di atas, “Resolusi” yang banyak dibahas oleh para penikmat linimasa ini memiliki maksud yang berbeda. In this case, “Resolusi” secara garis besar memiliki arti sebuah keputusan atau tuntutan dari seseorang untuk dirinya sendiri dalam upayanya untuk menyambut hadirnya lembaran baru, yang dalam kasus ini adalah tahun yang baru.

Ada banyak jenis resolusi yang diidam-idamkan, misalkan: Ingin IP yang bagus, ingin diterima di Universitas tertentu, ingin rejeki yang lebih, ingin menikah, hingga ingin mendapat pacar pun ada. Menilik isinya, nyaris semua resolusi itu dapat dikumpulkan dalam sebuah union, yaitu sebuah union yang bernama “Ingin menjadi lebih baik”. Wajar bukan bila manusia selalu ingin menjadi lebih baik?

Saya sendiri? Resolusi tahun 2013 saya bisa disebut sangat sederhana, bisa juga disebut sangat kompleks, dan bisa juga disebut sangat lucu.

Sangat sederhana karena resolusi saya hanya berupa sebuah kegiatan harian yang sesungguhnya sudah jamak untuk dilaksanakan. Bahkan, kegiatan yang saya nobatkan jadi resolusi 2013 saya ini adalah sebuah anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Sangat kompleks karena dengan mewujudkan resolusi ini, saya bisa melakukan lebih banyak hal yang sulit untuk saya lakukan sebelumnya. Saya bisa lebih sering menghirup udara pagi, saya bisa menyeruput secangkir kopi dengan sucinya alam yang masih perawan, saya bisa berlari-lari kecil dalam sunyi, saya bisa mempelajari lebih banyak hal, dan saya bisa melakukan jutaan lebih banyak kebaikan seiring bertambahnya productive time.

Sangat lucu karena kegiatan yang kedengarannya sakral ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya kesibukan, aktivitas, pekerjaan, hiburan, dan kegiatan bersosialisasi selama ini sering jadi penghambat untuk saya mewujudkan kegiatan ini. Terlebih, saya pernah dicap oleh seorang dosen saya yang notabene seorang Psikolog sebagai seorang Night Owl, yaitu seseorang yang pikirannya akan menjadi lebih tajam di malam hari. Sebuah anugerah yang terkadang sedikit menyiksa inilah yang akhirnya memaksa saya merasa perlu untuk melakukan perubahan.

So, Tidak lain dan tidak bukan, resolusi tahun 2013 saya adalah “Lebih Sering Bangun Pagi dan Mengurangi Tidur Larut Malam/Dini Hari”.
Semoga hal ini bisa saya wujudkan di tahun 2013, demi kesehatan tubuh dan produktivitas yang lebih baik. 😀

Lantas, apa resolusimu? 🙂

—–

Setyo Tri Windrasmara
@setyotw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s