Rahuvana Tattwa

image

Rahuvana Tattwa, by Agus Sunyoto

Akhirnya sempat juga nge-review buku ini. Rahuvana Tattwa, karangan Agus Sunyoto ini bagi saya adalah salah satu buku paling unique yang pernah saya baca, bener-bener anti-mainstream.

Singkatnya, buku ini merupakan hasil dari proses pengubahan sudut-pandang terhadap kisah Ramayana dari Resi Walmiki.

Meskipun dalam penulisannya buku ini penuh dengan istilah asli India, melalui bantuan glosarium yang disediakan, saya yang notabene bukan orang yang memahami adat India-Hindu berhasil dibuat cukup mengerti dan mampu merasa terhibur oleh buku ini. Terlebih, ukuran buku yang handy membuat buku setebal 700 halaman ini tidak terasa ‘berat’ untuk dibaca dan dibawa kemanapun.

Cerita yang disajikan pun sangat menarik, pengubahan sudut-pandang yang dilakukan Agus Sunyoto berhasil mengangkat derajat penokohan Rahwana, bahkan melampaui ketokohan Rama dalam Ramayana ‘asli’ menurut saya. Dasar-dasar pengubahan sudut-pandang yang dikemukakan oleh penulis pun sangat logis. Sebagai rekomendasi, kisah ‘hitam’ Bathara Indra, kisah kelahiran dan masa kecil Rahwana dan adik-adiknya, persaingan Subali-Sugriwa, pertempuran Rakshasa dengan para Dewa, serta nasib nahas Wibisana yang terdapat dalam buku ini sangatlah menarik.

Kekurangannya? Selain banyaknya istilah asing, beberapa poin yang saya perhatikan sebagai nilai minus adalah superioritas Anoman, penggambaran Wishnu yang terkesan terlalu mudah ‘diperalat’ oleh Bathara Indra, dan terlalu panjangnya (dan terlalu dipanjang-panjangkan) bab perang besar Alengka dengan Ayodya.

Overall, buku ini sangat cocok untuk Anda yang butuh bacaan di kala santai namun tetap mengiginkan ajakan untuk senantiasa berpikir kritis. 🙂

Setyo Tri Windrasmara
@setyotw

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s