18 SKS

Pertengahan bulan Februari telah datang, datang pula hari yang dinanti-nanti (atau mungkin malah didoakan supaya tidak segera datang) oleh mayoritas mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Yap, habis sudah liburan akhir semester ganjil kami. Dan kini, saatnya kami memasuki rutinitas kuliah di kota Gudeg yang berhati nyaman itu.

Seperti biasa, sebelum memasuki kuliah kami di beberapa Fakultas/Program Studi harus mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) yang sedikit banyak akan menentukan rutinitas seperti apa yang akan kami jalani semester ini. Masa pengisian KRS ini jamak disebut sebagai saat yang menegangkan oleh sebagian mahasiswa, bahkan ketika pengisian KRS sudah bisa dilakukan secara online seperti sekarang.

Rata-rata, tiap mahasiswa akan mengambil sekitar 18-24 sks (sistem kredit semester) di tiap semester tergantung rutinitas yang akan ia jalani, mata kuliah yang diwajibkan, dan yang paling fundamental adalah Indeks Prestasi yang ia dapatkan semester kemarin. Saya sendiri di semester genap tahun kedua ini mengalami apa yang dinamakan ‘dipaksa’, ‘dipaksa’ untuk mengambil 18 sks karena Indeks Prestasi saya di semester III yang terhitung sangat rendah. 😀

Menyesal? Tentu tidak. Karena sejatinya saya bersyukur bisa melalui semester III yang luar biasa berwarna. Meskipun jarang masuk kuliah dan sampai skip praktikum karena kerap larut dalam beragam kegiatan organisasi, dalam semester kemarin saya akhirnya mampu betul-betul keluar dari zona nyaman. Meninggalkan comfort zone, mencoba lebih mengenal dunia luar, mencoba mengenal hal-hal yang sebelumnya masih terasa sangat asing buat saya. Dalam enam bulan itu saya mengenal banyak orang yang benar-benar baru, saya bertemu dengan banyak orang yang berasal dari kalangan yang benar-benar berbeda. Apabila terdengar naif, maka maafkanlah. Namun bagi saya, pengalaman-pengalaman yang saya dapat dalam enam bulan yang penuh warna tersebut terlalu berharga untuk ditakar dengan parameter Indeks Prestasi.

Perjalanan penuh warna itu tentunya tidak berakhir sampai di sini, perjalanan tersebut adalah perjalanan seumur hidup yang sangat berharga. Yang perlu saya lakukan hanyalah menyeimbangkannya dengan rutinitas perkuliahan yang menjadi tanggung-jawab saya.
Jadi untuk semester ini, saatnya melalui 18 sks yang penuh warna dengan penuh semangat dan keseimbangan!

Advertisements

4 thoughts on “18 SKS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s