Habis #LLD2014 Ngapain?

Pagi hari, 11 Maret 2014, pukul 8.50 saya memulai menulis postingan superselo ini.

Setelah tiga hari mengikuti Local Leader’s Day 2014 (#LLD2014) bersama rekan-rekan relawan Akademi Berbagi kemarin tanggal 7-9 Maret 2014, euforia acara kemarin masih sangat terasa hingga sekarang. Mau bagaimana lagi, orang kemarin sempat membaca di timeline Mbak Ainun dan Mas Imam yang bilang kalau euforia LLD tahun 2012 berlangsung hingga tiga bulan.

Jadi, dua hari setelah #LLD2014 selesai, pagi ini saya terpikir mengenai apa saja sih yang para volunteer lakukan setelah kembali ke kehidupan nyata mereka, with an assumption that #LLD2014 was so wonderful just like a heaven. Saya? Saya sih sudah kembali ke kenyataan bahwa saya harus bertempur dengan perkuliahan untuk mimpi saya. Tapi, di pagi hari ini, pertempuran saya membawa sebuah perdebatan batin yang menarik, minimal buat otak saya sendiri.

Ceritanya, setelah semalam begadang untuk menyelesaikan tugas, pagi ini saya memilih untuk absen dari kelas. Kenapa? Satu, saya masih punya tugas untuk diselesaikan, apalagi kalau bukan tugas yang semalam belum terselesaikan 100%, dan yang kedua, atmosfer belajar di kelas terkait yang opo banget alias sama sekali tidak menarik.

Jadi, kalau situasinya seperti ini, lantas siapa yang salah? Apakah salah saya yang belum menyelesaikan tugas yang saya kerjakan semalam? Atau salah pengampu mata kuliah yang tidak mampu menciptakan suasana belajar yang informatif dan atraktif?

Ya kalau buat saya, selama masih ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan, daripada idle lantas tidur di kelas mending bolos atau datang telat aja sih, tanpa peduli orang mau bilang apa. Kalau Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s