Tony Burrows

Nama ini bukanlah sebuah nama yang familiar buat Anda. Betul bukan? Jawabannya pasti ‘Betul’, saya yakin, dengan tingkat keyakinan yang mungkin mendekati rasio produk yang memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dalam konsep six-sigma, alias 99.9997%.

Tersebutlah Tony Burrows, seorang musisi ‘mainstream’ di era 70-an, yang menjadi obyek dari tulisan ini. Tanpa bermaksud hiperbolis, maximumfun.com menyebut orang ini sebagai The King of 70’s. And literally, this statement was very reasonable.

Singkat, Tony Burrows adalah sebuah enigma. Ia adalah sebuah anomali nan unik yang mungkin takkan muncul lagi dalam rentang waktu lima puluh hingga seratus tahun. Orang ini tidak punya band ataupun grup musik dengan penjualan album spektakuler seperti ABBA, tidak punya sederet album berkualitas wahid seperti The Beatles, tidak pula dipuja-puja bak nabi layaknya The Smiths di era 80-an. Namun, pria ini punya achievement unik yang persentase kemunculannya mungkin mendekati nol persen, di era keemasannya Ia berhasil lima kali masuk ke dalam Top 10 Chart di UK (United Kingdom) bersama lima grup musik yang berbeda, dengan anomali lain yaitu kesemuanya adalah One Hit Wonder Band!

Tak cuma masuk ke dalamnya, Burrows juga sempat merajai Top 10 UK Chart melalui lagu ‘Love Grows (Where My Rosemary Goes)’ yang didendangkannya bersama Edison Lighthouse. Kemudian, Burrows berturut-turut kembali masuk ke Top 10 UK Chart bersama White Plains dengan lagu ‘My Baby Loves Lovin’, The Pipkins dengan lagu ‘Gimme Dat Ding’, The First Class dengan lagu ‘Beach Baby’, dan Brotherhood of Man dengan lagu ‘United We Stand’. Dan ya, Meskipun hanya satu kali berada di puncak tangga musik Britania Raya, dan relatif tidak memiliki nama besar di khalayak umum (jangan harapkan saya berkata Tony Burrows seharusnya disejajarkan dengan the likes of Lennon, Bowie, Bolan, Morrissey, atau Robert Smith), Tony Burrows dengan formula genre bubblegum-nya jelas adalah sebuah fenomena unik di sejarah musik dunia, kalau Anda tidak merasa sok risih dengan musik-musik yang soooo-easy listening pastilah sepakat bila lagu-lagu hits pria yang satu ini memang layak untuk jadi favorit, minimal sebagai teman di kala santai.

Tak percaya? Silakan aja nikmati lagu-lagu di bawah ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s