Untukmu, Pecinta Orde Baru

Untukmu yang merindu tertib nan ketatnya Orde Baru. Akan kubilang, bahwa romansa nostalgia lah yang engkau cari.

Ya, laiknya remaja di masa kini yang mencinta sekelompok pendendang musik yang memproklamirkan dirinya sebagai The Beatles, atau memuja seorang selibat pembenci kubu konservatif bernama Morrissey dengan lantunan nada-nada indahnya.

Ya, laiknya mereka yang cintanya tertanam kepada sebuah era, dan akan selalu berkata bahwa Ronaldo dari Brazil lebih baik dari versi Portugalnya, atau seorang Messi takkan pernah sampai pada level yang ditahbiskan oleh Zinedine Zidane.

Ya, laiknya mereka yang menikmati waktu di mana sajian bola basket dari Amerika dapat disimak dengan gratis tanpa peduli setan pada biaya langganan, akan selalu berkata Jordan adalah nomor satu sepanjang masa.

Ya, masa lalu memang membuat rindu, nostalgia memberimu rasa bebas tanpa batas. Engkau bebas mencinta, engkau mengkultus, engkau bebas membenci. Tanpa merasa takut, hanya sedikit bumbu kecewa, karena sikapmu tak akan mengubah masa lalu.

Akulah penikmat romansa itu, namun, masa depan negeriku ternyata lebih mahal dari sekedar romansa nostalgia itu. Sehingga kubuanglah segala romansa yang menggoda untuk mencinta era yang katanya tertib nan makmur itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s