#NulisJuga Playlist Berbuka Puasa

Bukan rahasia lagi, menjelang buka puasa, atau lebih tepatnya sekitar pukul 16.30 hingga waktu buka puasa tiba, adalah sebuah neraka yang entah mengapa terselip di bulan penuh berkah surga. Pada rentang waktu di atas, nafsu makan terasa memuncak hingga ke ubun-ubun karena perut dilanda rasa lapar. Obat dari semua itu? Tentu meminum segelas teh manis dan sepiring nasi lengkap lauk-pauknya, yang berarti akan membatalkan puasa kita.

Tentu kita tidak ingin membatalkan puasa tepat sebelum waktu berbuka tiba, bukan? Oleh sebab itu, muncul sebuah kegiatan yang dinamakan Ngabuburit, yang secara mudahnya dapat diartikan sebagai menunggu waktu berbuka dengan kegiatan-kegiatan tertentu untuk menekan rasa lapar. Beberapa contoh kegiatan ngabuburit yang cukup ngetop di Indonesia sendiri adalah nongkrong di pusat keramaian, bakti sosial, berjualan makanan, hingga mendengarkan musik.

Alternatif yang disebut terakhir di atas nampaknya adalah salah satu pilihan yang menarik, terutama bila anda adalah the-so-called-anag-myuzik. Kenapa menarik? Karena mendengarkan musik hingga waktu berbuka tiba itu: 1) Mudah, 2) Murah, 3) Dapat dilakukan sambil mengerjakan hal lainnya, ketiga alasan itulah yang membuat alternatif ini dapat menjadi pilihan utama ngabuburit kita.

Agar waktu ngabuburit tidak terasa lama ketika mendengarkan musik, tentu ada satu-dua hal lagi yang harus dipertimbangkan. Satu yang mencuat di sini adalah: durasi lagu sebaiknya panjang, sehingga baru beberapa kali berganti lagu, waktu buka puasa sudah tiba. Nah, dengan mempertimbangkan hal tersebut, di sini saya akan mencoba memberikan sebuah playlist yang terdiri dari beberapa lagu dengan durasi yang panjang, atau mari kita asumsikan sebagai lebih dari tujuh menit, yang dapat menjadi alternatif ngabuburit dari pukul 16.30 hingga 17.30 (kurang lebih 60 menit) alias perkiraan standar waktu buka puasa.

Anyway, playlist ini diurutkan dari tingkat awesomeness lagu terkait berdasarkan keinginan saya sendiri, silakan dicoba dan dinikmati sendiri.


7. Rolling Stones – You Can’t Always Get What You Want (7:29)

Pertama, lagu ini akan mengingatkan kita akan inti dari berpuasa, bahwa kita tidak bisa selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. Tahan hawa nafsu!

6. The Beatles – Hey Jude (7:04)

Sembari menahan hawa nafsu, ada baiknya kita bersantai sejenak dengan tembang nostalgia idaman para orang tua ini.

5. The Velvet Underground – Heroin (7:14)

Puas berleha-leha bersama The Beatles, sebuah lagu dari album pertama The Velvet Underground ini akan memberimu nuansa liyut (oleng) ala garage rock yang kelaparan.

4. The Stone Roses – Fools Gold (9:55)

Waktunya kita melompat ke circa 1990. Berdendang sembari berlari-lari kecil bersama The Stone Roses dan musik yang New Order-esque.

3. The Stone Roses – I Am the Resurrection (8:14)

Another Stone Roses’s. Kita akan diajak mulai berlari sedikit lebih kencang dengan melahap salah satu raungan gitar solo terbaik dari John Squirre.

2. Led Zeppelin – Stairway to Heaven (8:02)

Bak roller coaster, Led Zeppelin akan memberi kita sedikit waktu bersantai di bagian awal, sebelum otak kita berjingkrak lagi di bagian akhirnya. Sedikit sentuhan musik populer di playlist ini selain dua tembang paling pertama.

1. David Bowie – Station to Station (10:05)

Inilah pinnacle moment dari playlist buatan saya. Waktunya kita mendengarkan raungan kereta api artifisial selama dua menit pertama, berkenalan dengan The Thin White Duke di tiga menit selanjutnya, lalu berdansa bersamanya untuk lima menit terakhirnya sebelum waktu buka puasa tiba. Favorit.

Bonus Track
The Smiths – Please, Please, Please, Let Me Get What I Want (1:52)

Nampaknya kita kekurangan waktu dua menit! Tenang, tembang akustik indah dari band jangle pop legendaris nan kontroversial ini akan mengisi sisa waktu menuju pukul 17.30 agar kita tidak terlanjur makan pada 17.28. Selain itu, lagu ini akan bersanding bersama doa sebelum berbuka puasa, mari kita meminta kepada Tuhan bahwa kita sudah sangat ingin makan. Please, please, please, let me get what i want this time.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s